6 Cara Menyampaikan Presentasi dengan Penuh Rasa Percaya Diri

ERUDISI.com – Presentasi merupakan suatu kegiatan menyampaikan ide, pendapat ataupun materi di depan banyak orang. Kegiatan presentasi ini biasanya dapat ditemui di tempat kerja maupun

Arga Fica

6 Cara Menyampaikan Presentasi dengan Penuh Rasa Percaya Diri
6 Cara Menyampaikan Presentasi dengan Penuh Rasa Percaya Diri

ERUDISI.com – merupakan suatu kegiatan menyampaikan ide, pendapat ataupun materi di depan banyak orang. Kegiatan presentasi ini biasanya dapat ditemui di tempat kerja maupun sekolah, bagi kebanyakan orang presentasi merupakan kegiatan yang menakutkan karena harus memberanikan diri untuk berbicara didepan banyak orang.

Membawakan materi presentasi didepan banyak orang memang bukanlah suatu yang mudah, karena setiap orang yang mau melakukan presentasi harus menguasai setiap materi yang akan disampaikan.

Perasaan grogi dan cemas tentunya ada pada saat waktu akan menyampaikan presentasi sebenarnya hal itu wajar saja terjadi karena tatapan semua orang akan fokus kepada kita dan juga kepada materi yang kita bawakan. Namun jangan sampai karena grogi kita menjadi tidak konsen.

Agar presentasi dapat berjalan dengan baik dan lancar memang diperlukan beberapa cara dalam membawakan presentasi, berikut beberapa cara yang dapat dilakukan agar presentasi dapat berjalan dengan baik dan penuh rasa .

dengan penuh rasa kepercayaan diri :

1. Menguasai materi

Tentunya hal yang harus diperhatikan saat akan presentasi adalah kita harus menguasai dengan benar tentang materi yang akan kita sampaikan dengan begitu jika ada pendengar yang mengajukan pertanyaan, kita dapat menjawabnya dengan baik dan benar.

2. Memahami materi

Memahami isi materi juga harus dilakukan jika kita hanya berusaha menghafalkan isi dari materi saja biasanya kita akan mudah lupa sehingga presentasi akan terhambat.

Jika ada kata-kata yang sulit untuk dipahami oleh pendengar maka buatlah kata-kata sendiri yang mudah dipahami oleh pendengar.

3. Percaya diri

Kepercayaan diri merupakan salah satu hal yang terpenting dalam keberlangsungan sebuah kegiatan presentasi karena jika kita yakin dengan diri kita bahwa kita merasa yakin dan mampu menyampaikan serta menyelesaikan presentasi dengan baik maka kita dapat menyampaikan presentasi dengan penuh rasa percaya diri. Untuk itu menyakinkan diri untuk percaya diri sangatlah penting

4. Memperhatikan penampilan

Saat presentasi usahakan jangan lupa dengan penampilan karena penampilan juga harus diperhatikan gunakanlah pakaian yang sopan dan rapi agar saat menyampaikan presentasi kita menjadi nyaman dan lebih percaya diri.

Gunakan juga sepatu yang nyaman agar selama presentasi berlangsung kaki terasa nyaman dan tidak terlalu pegal.

5. Lakukan persiapan

Melakukan persiapan yang matang atau latihan presentasi sebelum presentasi dimulai juga dapat membantu meningkatkan rasa percaya diri karena dapat membantu meningkatkan kualitas presentasi dan juga nanti jika waktunya presentasi kita tidak merasa terlalu gugup.

6. Tenang

Saat melakukan presentasi dibutuhkan konsentrasi dan juga ketenangan dari dalam diri meski saat melakukan presentasi terdapat rasa gugup usahakan untuk selalu berusaha tampil tenang, jangan tergesa-gesa pada saat menyampaikan materi presentasi. Jika kita melakukan presentasi dengan tergesa-gesa maka materi yang kita sampaikan tidak dapat diterima dengan baik oleh pendengar.

Agar tidak terlalu tegang dalam melakukan presentasi kita juga dapat menyelipkan sedikit candaan, memberikan sedikit dalam presentasi dapat membuat suasana menjadi tenang.

Itulah beberapa cara yang bisa dilakukan agar presentasi dapat tersampaikan kepada pendengar dengan baik tentunya juga dengan penuh rasa kepercayaan diri.

Percayalah bahwa kita mampu membawakan presentasi dengan baik meskipun didalam hati ada sedikit keraguan. Semoga cara ini dapat membantu bagi anda yang sedang mempersiapkan presentasi, semoga presentasi yang akan anda sampaikan berjalan dengan lancar.

 

 

 

 

 

Related Post