7 Tips Cara Mengatasi JetLag ala Pramugari

Banyak orang mengira bahwa pramugari identik dengan dunia glamor, faktanya tidak lah demikian. Mereka sama seperti wanita pada umumnya, hanya saja mereka sedang menjalani tuntutan profesi sebagai seorang pramugari, yang mengharuskan mereka untuk selalu berpenampilan menarik dan ramah dalam melayani penumpang pesawat terbang.

Pramugari juga sama halnya dengan penumpang lain ketika bepergian terbang dengan jarak jauh, sama-sama akan mengalami satu masalah klasik, yakni mabuk pasca terbang atau jetlag. Namun tentu saja, dalam hal mengatasi jetlag, pramugari lebih berpengalaman.

Selain itu, setiap orang punya jam biologis bangun-tidur berbeda, yang menentukan perubahan kondisi fisiologis dan mental tubuhnya selama satu hari, yaitu ritme sirkadian. Jam ini dikendalikan oleh hipotalamus (pusat sistem saraf otonom), yang pada gilirannya menerima perintah dari mata untuk produksi hormon melatonin untuk tidur atau bangun, tergantung pada waktu apakah itu siang atau malam.

Ritme sirkadian atau jam biologis bangun-tidur akan mengalami kebingungan ketika seseorang bepergian melewati zona waktu yang berbeda dengan cepat, seperti munculnya gejala seperti sakit kepala, kelelahan dan perasaan bingung. Gejala ini bersifat sementara, namun bila tidak diatasi dengan baik, bisa saja akan merugikan kesehatan Anda.

Berikut adalah tips mengatasi jetlag dari pramugari yang bisa Anda lakukan:

1. Minum banyak air putih

Terbang dengan pesawat terbang membuat tubuh Anda tidak terhidrasi dengan normal. Hal itu membuat Anda merasa lamban, bingung dan sakit kepala. Dengan minum banyak air putih tubuh Anda akan terhindar dari dehidrasi.

2. Hindari Konsumsi Kopi

Aneh kedengarannya, tapi ini adalah upaya yang terbaik untuk mendapat tidur yang lebih berkualitas ketika sampai di tempat tujuan dengan zona waktu yang berbeda. Dan memang kafein memiliki efek samping yang membuat susah tidur, sehingga itu bisa menyebabkan jam bangun-tidur Anda makin kacau.

3. Segera tidur siang setelah sampai di tujuan

Jika sampai di tempat tujuan pada waktu siang, segeralah tidur jika Anda sudah tidak kuat atau mengalami kelelahan parah, tapi hindari tidur lebih dari dua jam.

4. Hindari sinar matahari di hari pertama

Saat ingin tidur pertama kali di tempat tujuan, pastikan mematikan lampu dan tidur dalam keadaan gelap. Tidur dalam gelap dapat membangkitkan hormon melatonin yang memiliki peran penting, yakni membantu Anda jatuh tidur lebih cepat dan memperbaiki jam biologis Anda.

5. Jangan lupa makan

Makan di waktu biasa ketika tiba di tempat tujuan walaupun sedang mengalami jetlag sebelum tidur. Tidur tanpa makan dapat membuat Anda lapar berat dan mengganggu jam biologis untuk beradaptasi dengan lingkungan baru.

6. Memakai masker mata

Pramugari percaya bahwa masker mata adalah aksesori yang diperlukan untuk setiap penerbangan jarak jauh. Dengan menggunakan penutup mata di kamar dapat menghindari paparan sinar matahari yang menyebabkan tidur jadi terganggu.

7. Hal paling penting adalah jangan panik

Hal yang paling utama yang akan membantu Anda menangani masalah jetlag, yakni kontrol diri seperti tidak tidur secara berlebihan dan tindakan-tindakan panik lainnya.

Nah, bagaimana? Dengan mengikuti tips ala pramugari di atas, Anda akan terhindar dari kondisi jetlag berlama-lama. Selamat terbang!