9 Amalan Agar Meraih Pahala Setelah Ramadhan

ERUDISI.com – Meraih pahala setelah Ramadhan. Meskipun bulan Ramadan telah berlalu bukan berarti kita bermalas-malasan untuk beramal shalih. Selayaknya bulan mulia tersebut jadi madrasah untuk

Juwita

Amalan Setelah Ramadhan
Amalan Agar Meraih Pahala Setelah Ramadhan Ilustrasi: (Source Images: Adobe Stock)

ERUDISI.com – Meraih pahala setelah . Meskipun bulan Ramadan telah berlalu bukan berarti kita bermalas-malasan untuk beramal shalih. Selayaknya bulan mulia tersebut jadi madrasah untuk kita konsisten di bulan-bulan berikutnya.

Banyak sekali amalan-amalan yang bisa kita lakukan pasca Ramadan yang bernilai pahala di sisi Allah. Berikut amalan meraih pahala setelah Ramadhan

Amalan-Amalan Agar Meraih Pahala Setelah Ramadhan

1. Menjaga Shalat Sunnah

Banyak sekali keutamaan bagi orang yang menjaga shalat Sunnah. Seperti diriwayatkan oleh Ummu Habibah radhiyallanha bahwa nabi bersabda yang maknanya bagi yang menjaga shalat Sunnah empat rakaat sebelum zuhur dan empat rakaat sesudahnya maka diharamkan baginya disentuh neraka. (HR Abu Dawud 1269).

Bahkan bagi hamba Allah yang menjaga shalat Sunnah 12 rakaat setiap harinya maka Allah akan membangunkan rumah di surga untuknya. Masya Allah, siapa yang tidak tergiur dengannya. Hanya dengan menjaga shalat Sunnah kita meraih pahala yang sangat besar.

2. Menjaga Shalat Malam

Rasulullah sangat menganjurkan umatnya untuk melaksanakan shalat malam sebagai bentuk kebiasaan-kebiasaan orang shalih terdahulu. Selain itu sebagai bentuk pendekatan diri kita kepada Allah Taala agar Allah menghapus dosa dan kesalahan kita.

3. Mengerjakan Shalat Empat Rakaat Sebelum Zuhur

Bahwa Rasulullah shalallahu alaihi wa sallam bersabda bahwa 4 rakaat sebelum zuhur menyamai shalat malam. Jadi jika kita tidak bisa melaksanakan shalat malam karena uzur kita bisa melaksanakan shalat Sunnah sebelum zuhur.

4. Membaca 100 ayat Alquran pada malam hari

Dalam hadits yang diriwayatkan oleh Ahmad 18/11 bahwa Rasulullah bersabda “Barangsiapa yang membaca seratus ayat pada suatu malam maka ditulis baginya shalat semalam suntuk.”. Sungguh amalan yang sangat ringan tapi besar pahalanya.

5. Menyantuni Janda dan Orang Miskin

Amalan ini bisa dilakukan setelah Ramadhan agar meraih pahala yang besar. Kita sebagai muslim sangat dianjurkan untuk membantu dan menyantuni para janda dan orang miskin.
Karena dalam sebuah hadist Rasulullah menyamakan orang yang menyantuni Janda dan orang miskin sama seperti orang yang jihad fi Sabilillah atau orang yang sholat malam atau puasa terus menerus.

6. Meraih Pahala Setelah Ramadhan: Menjaga Adab-adab Pada Hari Jumat

Betapa Rasulullah shalallahu alaihi wa sallam menyamakan orang yang menjaga adab-adab pada hari Jumat dengan amalan yang dikerjakan setahun. Apabila seseorang mandi pada hari Jumat, berjalan ke masjid pada awal waktu, mendengarkan khutbah maka baginya pahala yang besar.

7. Berakhlak yang mulia

Sungguh salah satu amalan yang tidak pernah lepas dari seorang muslim adalah berakhlak mulia. Kita sangat dianjurkan untuk selalu berakhlak baik di setiap waktu.

8. Ikhlas dalam Mencari Mencari Nafkah

Sungguh seorang laki-laki yang berniat mencari nafkah untuk menghidupi anak-anak, istri, orang tua atau menghindari dari meminta-minta maka Allah menyamakan mereka dengan orang yang jihad fi Sabilillah. Tentu saja pahalanya sangat besar sekali di hadapan Allah.

9. Senantiasa Berzikir Kepada Allah

Sungguh salah satu amalan yang sangat ringan kita lakukan tetapi besar pahalanya di hadapan Allah adalah berzikir. Meskipun ramadan berlaku jangan sampai zikir lepas dari lisan kita. Teruslah perbanyak zikir di setiap waktu.
Saat kita sibuk maupun lapang senantiasa basahi lidah kita dengan mengingat Allah. Kapanpun dimanapun dalam perjalanan, sedang rebahan, memasak atau hal lainnya senantiasalah selalu berzikir.

Itulah beberapa amalan-amalan yang bisa kita lakukan agar meraih pahala setelah Ramadhan. Semoga bermanfaat dan bisa kita amalkan ya.

Related Post