Strategi memulai bisnis baru
Source Images: Marketing91

Buka Bisnis Baru, Ini 7 Hal Penting Untuk Diperhatikan

ERUDISI.com – Buka baru tak semudah yang kita pikirkan. Tapi kita perlu memperhatikan beberapa hal sebelum membuka bisnis tersebut. Hal ini kita lakukan agar bisnis yang baru kita buka tidak lewat begitu saja

7 Hal Yang Perlu Kita Perhatikan Saat Buka Bisnis Baru

1. Buka Bisnis Baru: Tentukan Jenis

Tentu saja siapa saja yang memulai bisnis akan menentukan jenis usaha yang mereka pilih. Apakah kuliner, fashion, usaha laundry, pendidikan, bisnis online dan banyak lagi. Pastikan kita sudah memiliki jenis usaha yang sesuai dengan pilihan kita.

2. Keunggulan Bisnis Yang Kita Pilih

Jika kita sudah menentukan jenis usaha, hal yang perlu kita perhatikan adalah apa keunggulan dari bisnis yang akan kita buka ini. Jabarkan secara spesifik agar kita bisa mendapat target dengan baik.

Bisa saja keunggulan usaha kita terletak pada rasa yang khas (bisnis kuliner), unik (bisnis fashion), bersih dan wangi (bisnis laundry) dan lainnya. Hal penting kita perhatikan agar nanti kita bisa konsisten dengan bisnis kita.

3. Tentukan segmen market

Perlu juga kita petakan segmen seperti apa yang kita targetkan dengan usaha baru kita ini. Bisa jadi target kita keluarga, anak-anak, mahasiswa dan lainnya.

Segmen pasar sangat penting akrrna akan membuat pasar kita lebih terarah. Kita lebih mudah memahami kebutuhan atau perilaku target pasar yang kita sasar. Selain itu segmen pasar akan memudahkan kita dalam menyusun strategi marketing yang tepat. Misalnya dari segi penentuan harga, value, distribusi dan produk kita.

4. Perlu Memperhatikan Channel Marketing

Tentu saja saat kita memetakan bisnis kita perlu memperhatikan Chanel marketing yang kita punya. Tentukan strategi pemasaran agar produk kita sampai ke konsumen dengan tepat sasaran.
Secara sederhana marketing Chanel ini adalah metode distribusi produk yang kita lakukan untuk bisnis kita.

Diantara jenis marketing Chanel adalah direct selling, reseller, konsultan, afiliasi, sosial media marketing, advertising atau email marketing. Semua ini perlu kita pikirkan di awal buka bisnis baru.

5. Rencana Keuangan

Bisnis baru akan sangat bergantung pada modal dan kita perlu merencanakan keuangan secara detail sampai gak terkecil. Hal ini agar kita bisa menentukan harga produk tepat dan sesuai dengan perencanaan.

Rencanakan keuangan mulai dari biaya operasional, biaya produksi, biaya iklan dan biaya lain yang penting memulai bisnis.

6. Tentukan Waktu untuk BEP

Sangat penting bagi seorang pebisnis meskipun pemula menentukan target balik modalnya kapan. Kita perlu menentukan waktu BEP secara profesional meskipun bisnis baru kita mulai. Ini akan membantu kita lebih giat mendorong bisnis berkembang.

Break Even Point merupakan titik keseimbangan ketika laba yang kita dapatkan setara dengan biaya dalam proses produksi. BEP ini sangat membantu bisnis kita. BEP akan memberi pemahaman ketika harga produk berubah maka nilai keuntungan pun ikut berubah nantinya.

7. Legalitas Bisnis

Tentu saja kita ingin bisnis yang kita buka itu bisa berjalan lama dan terus berkembang. Jika kita sudah menemukan pakem bisnis dan peluangnya, maka kita perlu membuat legalitas dalam bisnis.

Legalitas dalam bisnis penting sekali karena  bisa jadi sarana perlindungan hukum, kepercayaan konsumen, sarana promosi dan tentu saja mempermudah pengembangan usaha ke depan.

Nah itulah 7 hal yang perlu kita perhatikan saat berencana buka bisnis baru. Hal ini akan sangat penting bagi bisnis kita. Semoga bermanfaat.

Selalu temukan jawaban dan inspirasi dimananapun dan kapanpun bersama Erudisi. Jangan lupa bagikan artikelnya ya. Terima kasih.

Check Also

Ide sayur kemasan siap masak

20 Ide Paket Sayur Kemasan Bisa Jadi Inspirasi Bisnis Rumahan

ERUDISI.com – Ide paket sayur kemasan yang bisa jadi ladang cuan. Banyak sekali ide kreatif …