Cara Menyikapi Masalah yang Datang Tiba-tiba

Setiap orang tentunya pasti memiliki masalah bukan? Mungkin tidak hanya saya, namun para pembaca sekalian tentunya pasti juga memiliki sebuah masalah. Permasalahan merupakan hal yang lumrah terjadi dalam kehidupan kita, jika tidak ada masalah sepertinya kurang menantang sekali.

Permasalahan memang sejatinya selalu datang kepada kita. Baik itu hal kecil dan besar itu adalah hal yang lumrah terjadi. Kita tidak pernah mengharapkan permasalahn muncul, tetapi ia datang mengganggu dan membuat kita semakin kecewa dengan yang sudah kita lakukan.

Permasalahan yang datang membuat kita semakin marah dan terasa emosi sekali. Penyesalan selalu membayangi diri kita ketika tertimpa sebuah masalah. Namun tahukah kalian dibalik sebuah masalah tersimpan rahasia yang luar biasa di dalamnya?

Beberapa rahasia dibalik sebuah permasalahan yang datang.

  1. Membuat kita mengerti arti sebuah kehidupan.
  2. Menjadikan kita semakin dewasa dalam berfikir.
  3. Merasa tertantang untuk segera melakukannya.
  4. Menemukan cara untuk bisa menyelesaikannya.
  5. Mendapatkan pelajaran baru

Ya itulah sebuah rahasia dibalik permasalahan yang timbul dalam diri kita. Jika kita terus mengeluh dan kecewa ia tidak akan pergi dan membuat kita selalu berada dalam zona nyaman yang tidak tertantang.

Bukankah hidup ini penuh tantangan? Kenapa jika memang hidup penuh tantangan kita takut menghadapinya?

Rahasia yang tersimpan dalam sebuah masalah memang terlihat mudah diucapkan namun sulit untuk direalisasikan. Untuk itu saya berbagi tips untuk para pembaca agar bisa merealisasikannya.

Berikut beberapa cara yang saya lakukan untuk menyikapi masalah yang datang secara tiba-tiba.

1.Hadapi Dengan Senyum

Kita sering melihat kata tersebut dimanapun, baik di sekolah, tempat umum, atau jalan raya. Ya, sebuah permasalahan yang datang secara tiba-tiba sebaiknya langsung hadapi dengan penuh senyuman. Jangan sampai terbengkalai dan membuat kita pasrah dan menyesal. Senyuman adalah sumber kebahagiaan, jadikan itu sebuah filosofi hidup. Dengan penuh senyuman rasanya permasalahn itu kita anggap hal yang sepele untuk diselesaikan.

2.Lakukan Tindakan

Jika masalah sudah datang, segeralah lakukan tindakan untuk menyelesaikannya. Jangan hanya mengeluh dan kesal tanpa berbuat. Karena jika kita hanya mengeluh masalah tersebut tidak akan pergi dengan sendirinya, yang ada hanya menjadikan kita beban yang rasanya mengganggu aktivitas kita selanjutnya.

3.Bertahan Jangan Berpaling

Nah pada point inilah yang terpenting kita hadapi. Bertahan itu memang lebih sulit daripada memulai, tetapi jika kita bertahan kita akan sampai ke tujuan akhir, namun jika berpaling kita sampai kapanpun tidak akan mencapai tujuan akhir.

Kebanyakan dari mereka menyikapi permasalahan kemudian berhenti dan tidak mau menyelesaikannya. Nah disitulah kesalahan besar yang terjadi. Biasanya kita menemukan hal tersebut pada orang-orang yang tidak memiliki kemampuan berusaha. Ia hanya pasrah pada keadaan. Mulai sekarang tentukanlah sikap untuk berusaha menyelesaikan tanpa harus berpaling.

4.Jadikan Sebagai Pengalaman dan Pembelajaran yang Berharga

Nah jika kita bisa melakukan tiga kiat sebelumnya untuk menyikapi masalah. Saatnya tinggal selangkah lagi untuk menyikapinya. Semuanya harus kita terima dengan rasa puas dan bangga tanpa harus ada keluhan yang datang. Jangan jadikan itu semua sebagai waktu yang terbuang sia-sia, tapi jadikanlah sebuah pelajaran yang berharga untuk bisa mencapai sebuah tujuan yang sempurna.

Nah itulah kiat kiat yang biasa saya lakukan untuk menyikapi masalah yang datang tiba-tiba. Jika sekiranya pembaca mencoba menggunakannya pastinya bermanfaat untuk kemajuan diri sendiri.

Selamat mencoba ya sobat 🙂

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here