Mic Condenser: untuk Vokal dan Instrumen Akustik

Mic condenser adalah perangkat paling pokok yang harus dimiliki studio Anda, karena ia diperlukan untuk merekam vokal atau pun instrumen akustik.

Ada perbedaan mendasar bagi mic condenser dalam hal menangkap suara dibandingkan dengan mic dynamic yang membuat mic condenser jauh lebih sensitif.

Baik mic dynamic maupun condenser, dua-duanya memiliki diafragma yang akan bergetar ketika menangkap suara. Tapi, alih-alih menggerakkan magnet, mic condenser menghasilkan sinyal berdasarkan jarak relatif antara dua plat.

Diafragma tersebut membutuhkan power dari sumber luar, baik dari baterai maupun pada umumnya dari sebuah phantom power. Karena condenser jauh lebih sensitif, maka ia sangat cocok untuk vokal dan instrumen akustik.

Kelebihannya adalah ia sangat sensitif. Kekurangannya juga karena ia sangat sensitif!

Sebagai panduan awal dalam memilih mic condenser, perlu diketahui bahwa ada 2 jenis mic condenser, yaitu Large Diaphragm (berdiafragma besar) dan Small Diaphragm (berdiafragma kecil).

Large Diaphragm vs Small Diaphragm

Inilah keunikan masing-masing:

Large Diaphragm, memiliki komponen deteksi suara yang lebih besar. Keunggulan utamanya adalah fleksibilitas. Ia dapat digunakan untuk merekam vokal, instrumen akustik, amp-elektris, atau hampir segala apapun yang Anda letakkan di depannya.

Setiap kali saya menulis mic condenser di manapun di blog ini, pada umumnya adalah mengacu pada jenis ini.

Small Diaphragm, hampir sama saja kecuali ia memiliki komponen pendeteksi suara yang lebih kecil ukurannya, membuatnya lebih ‘lincah’ merespon gelombang suara. Karenanya ia lebih cocok untuk menangkap suara yang cepat. Biasanya digunakan untuk merekam perkusi, drum kit dan instrumen elektris.

Menurut saya, ini lebih ditujukan untuk keperluan khusus, sehingga kurang bernilai jika Anda memiliki budget yang pas-pasan.

Jadi, jika Anda ingin mendapat nilai maksimal dengan dana terbatas, pilihlah mic condenser jenis large diaphragm. Sementara jadikan small diaphragm dan mic dynamic untuk beberapa keperluan khusus, setelah Anda memiliki dana lebih.

Suara manusia adalah salah satu suara yang paling ekspresif, jadi memiliki mic condenser adalah investasi dasar untuk sebuah studio rekaman.

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here