Mic Dynamic: Sesuai untuk Live Performance

Menjelaskan bagaimana cara kerja mic dynamic cukup mudah karena prinsip kerjanya sama dengan telinga kita sendiri.

Gelombang suara yang merambat di udara memukul sebuah diafragma mekanis yang menggetarkan coil magnetis. Ini menghasilkan sinyal elektris yang kemudian diantarkan melalui kabel.

Dengan cara yang sama, suara memukul gendang telinga, menghasilkan getaran yang lalu diteruskan ke syaraf otak. Getaran ini kemudian diterjemahkan oleh otak dan kita mampu mendengar suara.

Mudah bukan?

Sekarang kita bicarakan tentang studio kita. Apa yang perlu diperhatikan saat memilih sebuah mic dynamic?

Anda mungkin membutuhkan mic jenis ini untuk aplikasi vocal live atau barangkali merekam instrumen yang menggunakan amplifier dengan penguatan sebesar 11 dB.

Mic dynamic, tidak membutuhkan power supply tambahan (yang disebut ‘phantom power‘), karena sinyal dihasilkan dari interaksi magnet yang ada di dalamnya.

Secara umum, mic dymanic lebih ‘kasar’ dibandingkan dengan jenis condenser, dan digunakan untuk keperluan merekam suara-suara yang keras, seperti misalnya gitar amp atau suara teriakan vokal.

Mic dynamic juga sangat bagus digunakan untuk panggung live, disebabkan ia membutuhkan sinyal yang cukup kuat, makanya mic dynamic tidak menangkap suara-suara sekitar yang lebih lemah.

Salah satu contohnya adalah mic dynamic SHURE SM58, yang pasti sudah sering Anda lihat dalam pertunjukan-pertunjukan live.

Kesimpulannya, mic jenis ini membuat Anda memperoleh ‘rasa panggung live’ di studio rekaman Anda.

Apakah saya butuh mic dynamic di studio rekaman?

Ketika pertama kali saya membuat studio rekaman, saya memiliki Shure SM57! Tapi kemudian nyatanya saya hampir tidak pernah menggunakannya kecuali untuk berkomunikasi dengan artis ketika berada di ruang vokal.

Kesimpulannya, kemungkinan besar Anda tidak membutuhkan mic dynamic, kecuali Anda perlu merekam instrumen perkusi, seperti gendang live dan amplifier gitar.

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here