Penyebab dan Akibat bagi Blogger yang Membuat Artikel Copy Paste

Banyak orang tertarik membuat blog, dengan harapan bisa menghasilkan uang dari blog mereka. Mereka telah mengisi blog dengan banyak artikel lalu memasang iklan, dan berpikir uang akan segera mengalir dengan sendirinya.

Setelah beberapa lama, tidak sedikit blogger yang mengeluh karena pengunjung tak kunjung didapat, apalagi uang. Ada beberapa hal yang menyebabkannya, salah satunya mereka mengisi blognya dengan artikel yang copy paste (copas), yaitu mengambil artikel dari blog / website lain, tanpa ijin, dan mempostingnya di blog sendiri.

Blogger seperti ini menurut saya adalah blogger yang tidak serius. Mereka tidak akan mendapat apa-apa, dan tidak akan kemana-mana.

Jika diteliti, maka ada beberapa penyebab mengapa seorang blogger melakukan copas artikel, di antaranya:

1. Tidak serius dan hanya mencari recehan

Banyak orang yang beralih kerja online hanya untuk mendapatkan uang. Mereka berpikir bekerja secara online (termasuk membangun blog) tidak perlu serius menjalaninya karena bekerja online itu mudah dan akan cepat menghasilkan uang, padahal itu salah besar. Mereka hanya tergiur untuk mendapatkan recehan. Tidak ada niat untuk membuat artikel dengan baik dan serius.

2. Tidak percaya dengan kemampuan sendiri

Para blogger copas adalah mereka tidak percaya dengan kemampuan diri sendiri, padahal jika mereka mau mencoba membuat artikel sesuai kemampuan sendiri, bisa jadi artikel yang mereka tulis akan menarik banyak pengunjung.

3. Hanya mementingkan jumlah artikel

Mereka berpikir, semakin banyak jumlah artikel yang diposting, semakin menarik banyak pengunjung. Ini tidak sepenuhnya benar. Memang jumlah artikel yang banyak akan menarik lebih banyak pengunjung pula, tapi jika artikel yang diposting hanya hasil dari copy paste, itu sama sekali tidak akan berhasil.

Jangan cuma mementingkan jumlah artikel tapi kualitas artikel lah yang jauh lebih penting

4. Tidak mau belajar

Saat seseorang memilih menjadi seorang blogger, sesungguhnya secara tidak langsung mereka juga memutuskan untuk menjadi seorang penulis. Mau tidak mau mereka harus bisa menulis, jika tidak bisa ya harus belajar.

Inilah kesalahan besarnya, mereka tidak mau belajar menulis, padahal mereka menyebut dirinya sebagai blogger dan lebih memilih membuat artikel copas.

Boleh-boleh saja kita mencari referensi artikel  dari blog lain sebagai pedoman dari artikel yang ingin kita buat tapi bukan dengan cara copas. Jika kebiasaan copas ini terus berlanjut, justru akan berakibat buruk pada blog Anda sendiri.

Akibat buruk dengan copas artikel milik orang lain

1. Reputasi blog akan jatuh

Jika blog Anda berisi artikel copy paste, reputasi blog Anda di mata pengunjung pasti akan turun. Pengunjung akan bosan, karena yang mereka temukan ternyata sama dengan yang pernah mereka baca sebelumnya di blog lain.

2. Menghilangkan kreativitas diri

Dengan menulis artikel original sendir, secara tidak langsung berarti sedang terus melatih kemampuan dan kreativitas. Sebaliknya, jika hanya melakukan copy paste, sama saja Anda sedang mengubur kemampuan dan kreativitas diri.

3. Mendapatkan sanksi

Blogger copas akan dicap sebagai plagiat dan bisa mendapatkan sanksi dari Google, seperti blog anda akan dihapus, tidak diindeks atau jika menjalankan Google Adsense, maka kemungkinan akan dibanned. Tidak hanya Google, anda juga bisa mendapatkan sanksi dari pemilik artikel asli karena anda melanggar hak cipta dan bisa diproses secara hukum.

4. Ditolak menjadi publisher jaringan periklanan

Jangan terlalu berharap akan diterima menjadi publisher Adsense, Bidvertiser, atau ads-network lainnya jika artikel di blog Anda adalah hasil copy paste.

5. Sulit untuk mencapai Page One

Sudah menjadi ‘hukum alam’, artikel copas sangat sulit untuk mencapai halaman pertama atau page one di hasil pencarian Google atau mesin pencari lainnya.

6. Dibenci blogger lain

Siapa yang suka sama seorang copasser? Jika ada, berarti ia juga pernah melakukan hal itu. Dengan susah payah seseorang menulis artikel, lalu Anda seenaknya mengambil dan memposting artikel mereka di blog Anda sendiri. Siapa yang tidak benci?

Kesimpulannya, jika serius menjadi blogger yang berhasil, mulailah menulis artikel sendiri, jangan pernah melakukan copas.