Sejarah Terciptanya Olahraga Sepakbola

Halo sahabat erudisi…

Kali ini kita akan membahas tentang olahraga yang sangat populer sampai saat ini. Bahkan bisa dikatakan olahraga yang satu ini adalah olahraga yang paling populer saat ini. Olahraga apa sih itu? Yups, nama olahraga itu adalah sepakbola. Saat ini olahraga yang satu ini menjadi primadona di seluruh dunia. Bahkan tidak sedikit club-club dunia yang rela mengeluarkan uang triliunan rupiah hanya untuk mendatangkan seorang pemain saja.

Yah itulah asyknya sepakbola, mengabiskan uang banyak sudah menjadi hal biasa bagi club-club untuk memperkuat timnya. Namun apakah sahabat erudisi tahu bagaimana sih olahraga sepakbola tercipta? Jangan ngaku hobi bola kalau gak mau pelajari asal-usul terciptanya sepakbola. Langsung saja kita bahas sejarahnya!

Asal muasal sepakbola masih menjadi perdebatan hingga saat ini. Karena ada beberapa dokumen yang menjelaskan permainan sepakbola sudah ada sejak masa Romawi silam. Sebagian juga menjelaskan bahwa sepakbola berasal dari daratan China. Pada saat itu masyarakat China sudah memainkan sepakbola dari abad ke-2 sampai dengan ke-3 SM. Pada saat itu olahraga ini dikenal dengan nama ” tsu chu”. Bahkan dalam salah satu dokumen militer menyebutkan, pada tahun 206 SM pemerintahan Dinasti Tsin dan Han, masyarakat China telah memainkan sepakbola yang saat itu disebut “tsu chu”. Sahabat erudisi, Tsu Chu itu punya arti sendiri lo. Tsu artinya “menerjang bola dengan kaki”, sedangkan Chu artinya “bola dari kulit dan ada isinya”. Saat itu bola yang digunakan terbuat dari kulit binatang, dan mempunyai aturan menendang dan menggiring dan memasukkannya di antara jaring yang dibentangkan di antara dua tiang.

Tapi sejarah yang populer saat ini dan telah mendapat pengakuan dari dari berbagai pihak, bahwa sepakbola berasal dari Inggris. Yang telah dimainkan dari abad ke-19 di sekolah-sekolah. Sahabat erudisi tahu gak club sepakbola apa yang paling pertama didirikan?

Club itu bernama Sheffield Football Club. Club ini adalah club pertama dan merupakan asosiasi sekolah yang menekuni bidang sepakbola. Sheffield F.C didirikan pada tahun 1857.

Setelah didirikan club sepakbola pertama maka tidak lama kemudian didirikanlah asosiasi sepakbola Inggris yang bernama Football Association (FA) pada tahun 1863. Badan ini juga mengeluarkan peraturan dalam permainan sepakbola sehingga permainan sepakbola menjadi lebih teratur.

Pada tahun 1886 didirikan lagi badan yang berhasil membuat peraturan sepakbola modern. Badan itu adalah International Football Association Board (IFAB). IFAB di bentuk oleh FA Inggris dengan bantuan Scottish Football Association, Football Association of Wales, dan Irish Football Association di Manchester, Inggris.

Kemudian IFAB terus berkembang dan mengeluarkan peraturan-peraturan modern untuk kemajuan dalam sepakbola.

Itulah sejarah terciptanya sepakbola meskipun masih menjadi perdebatan tetapi saat ini kita harus bersyukur sudah bisa menikmati permainan sepakbola dengan peraturan yang jelas dan terorganisir.

Salam Sportifitas sahabat erudisi…

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here