Tetap Termotivasi dengan Menjalankan Action Plan

Saat ini Anda memiliki impian atau sebuah goal, namun goal tersebut tampaknya sangat besar dan terlihat mustahil untuk dicapai. Bagaimana cara Anda menggapainya?

Ada satu yang dapat Anda lakukan untuk menggapai apapun tujuan dan goal Anda, yaitu action plan, atau rencana tindakan.

Mengapa Anda butuh action plan? Ia membantu Anda fokus pada setiap tahapan goal yang ‘lebih’ mudah Anda capai dalam rangka menggapai goal terbesar Anda. Membuat action plan, adalah membuat daftar apa saja yang perlu Anda lakukan untuk mencapai goal.

Itu terdengar sederhana bukan? Dan memang demikian adanya. Sebuah action plan membuat Anda tetap berada pada trek, setiap kali Anda mulai tidak fokus.

Lalu bagaimana cara membuat action plan?

Di bawah saya berikan contoh, misalnya saja Anda adalah seorang penulis dan Anda memiliki goal: berhasil menerbitkan buku Anda.Ā Inilah urutan action plan yang bisa dilakukan:

1. Membuat plot ide dan karakter Anda
Anda mesti memulainya dari suatu tempat, memahami karakter Anda, dan memiliki ide dasar tentang buku apa yang akan Anda tulis.

Tentukan, apakah Anda menulis buku fiksi atau non-fiksi, untuk dewasa, remaja, anak-anak, atau puisi? Ini harus menjadi hal pertama dalam action plan Anda.

2. Mulai menulis
Bab demi bab, Anda selesaikan. Anda tetap fokus menulis sampai Anda menyelesaikannya. Anda mungkin satu waktu hanya menulis satu paragraf misalnya, itu oke. Tapi, pastinya tetap berada pada jalur sampai akhirnya buku Anda diterbitkan.

3. Mengedit naskah
Langkah berikutnya setelah buku selesai ditulis, adalah mengedit dan melakukan revisi. Ini langkah penting, meskipun banyak penulis merasa cenderung ‘membenci’ bagian ini. Anda harus mengirimkan naskah terbaik kepada perusahaan publishing, agen atau pun seorang editor.

4. Riset kemana mengirimkan naskah
Anda tentu saja tidak akan mengirimkan novel romantik ke penerbit buku-buku teknologi. Adalah hal penting untuk mengetahui pasar Anda. Lakukan riset, penerbit mana yang akan dengan senang hati menerima naskah dari penulis baru jika memang itu adalah naskah pertama Anda. Cari tahu juga apa bidang keahlian mereka sebelum mengirimkan naskah Anda.

5. Mengirimkan surat pengajuan
Setelah melakukan riset dan yakin penerbit mana Anda akan mengirimkan naskah, sekarang saatnya membuat surat pengajuan. Surat ini ini berisi sinopsis pendek dari naskah Anda. Buat semenarik mungkin agar cukup menarik perhatian editor.

6. Publikasi dan promosi
Naskah Anda sudah diterima, dan saat sedang dalam proses penerbitan. Sekarang, waktunya Anda melakukan promosi dan publikasi pribadi. Bicaralah tentang buku Anda, jadilah pengiklan bagi diri sendiri. Kecuali Anda sudah menjadi seorang penulis terkenal, Anda sendirilah orang yang paling utama berperan dalam mempromosikan buku Anda.

Ambillah langkah-langkah pro-aktif, untuk mempromosikan buku Anda kepada keluarga, teman, dan dunia bisnis di bidang keahlian Anda. Dalam hal ini, Anda tidak boleh malu, jika Anda tidak membuat orang lain tahu tentang buku Anda, maka itulah yang terjadi.

7. Sukses!
Buku Anda telah diterbitkan, dan sekarang tersedia luas di toko-toko buku secara nasional (internasional?). Anda telah meraih goal Anda, dengan melakukan tindakan langkah per langkah berdasarkan action plan yang Anda buat. Rayakan! Lalu Anda bersiap membuat goal baru.

Cara ini juga dapat diterapkan untuk mengembangkan bisnis Anda sendiri. Dan, action plan adalah satu hal yang harus Anda lakukan untuk setiap goal yang ingin raih.

Action plan dapat berbeda dari satu orang ke orang lainnya, dari satu goal ke goal lainnya, tapi prinsip dasarnya tetap sama.

Begitu Anda selesai membuat action plan, apa-apa yang harus Anda lakukan, mulailah bekerja dengan melakukan satu per satu tindakan dalam satu waktu. Setiap kali tercapai satu langkah, ambil ‘nafas’ sejenak untuk menyiapkan energi melakukan langkah berikutnya.

Action plan membuat tindakan Anda tetap terencana, serta membantu Anda memantau perkembangan yang dicapai. Action plan bisa singkat atauĀ terlihatĀ berisi langkah-langkah panjang. Kaji kembali action plan Anda. Untuk memudahkan Anda mencapai goal, langkah kecil selalu lebih baik.

Selamat meraih impian Anda! Sukses untuk kita semua.

Salam.

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here