Belajar PHP dari Nol untuk Pemula

Anda benar-benar baru mengenal PHP, belum pernah tahu sedikitpun tentang PHP, serta tidak tahu pula harus dari mana untuk memulai mempelajarinya. Oke, tidak masalah! Jangan khawatir, karena Anda sudah ada di sini untuk belajar PHP bersama erudisi.com.

Untuk memulainya, pertama Anda perlu menginstall PHP di komputer Anda, atau jika Anda telah memiliki server hosting, bisa langsung mengunggah file PHP Anda ke sana melalui program FTP.

Yang kedua, Anda juga perlu sebuah plain text editor. Ia bisa berupa program editor teks yang diunduh dari internet, bisa juga menggunakan Notepad yang sudah tersedia gratis dari Windows, atau TextEdit dari Mac.

Kebanyakan tutorial yang Anda temukan di sini, disarankan Anda telah mempunyai pengetahuan dasar-dasar tentang HTML. Namun tentunya, hal-hal yang perlu Anda ketahui bisa Anda pelajari sambil jalan seiring pelajaran PHP itu sendiri. Sehingga meski pengetahuan HTML diperlukan, tapi sebagai awal, saya katakan itu bukanlah sesuatu yang wajib untuk mulai belajar PHP.

Baik, mari kita mulai dengan program paling dasar dan sudah menjadi tradisi dalam dunia programming, yaitu: “Hello World!”.

Mulai program PHP Anda dengan kode seperti ini:

<?php

Berikutnya, kita akan menambahkan kode untuk menampilkan kalimat Hello World!. Ada dua cara melakukannya, yaitu menggunakan print dan echo.

Contoh menggunakan print:

print "Hello World!";

dan contoh menggunakan echo:

echo "Hello World!";

Anda bisa lihat, semua diawali dengan kode PHP (print atau echo), kemudian diikuti dengan teks yang ingin ditampilkan yang diletakkan dalam tanda petik dua (“”), lalu diakhiri dengan titik koma (;) sebagai tanda akhir sebuah baris kode.

Kita kemudian mengakhiri kode PHP dengan tag penutup, yaitu:

?>

Sehingga program lengkapnya akan tampak seperti ini:

<?php
echo "Hello World!";
?>

Anda juga bisa menambahkan komentar ke dalam program PHP Anda dengan menambahkan dua garis miring (//) di awal teks. Apapun setelah tanda garis miring ganda akan diabaikan saat PHP dijalankan, ia hanya sebagai penanda atau catatan bagi programmer.

Berikut contohya:

<?php
// bisa menggunakan print atau echo
print "Hello World!";
?>

Sekarang, mari kita buat program yang sama menggunakan variabel.

Pertama, kita perlu tahu bagaimana cara membuat sebuah variabel. Dalam PHP, sebuah variabel selalu diawali dengan tanda $. Jadi, $erudisi adalah variabel, tapi erudisi itu bukan variabel. Kemudian Anda bisa memberi nilai pada variabel dengan tanda sama dengan (=). Jadi, kita bisa membuatnya seperti ini:

$halo = "Hello World!";

Kemudian kita bisa menggunakan variabel dalam perintah print atau echo hanya dengan menuliskan setelahnya. Mari kita lihat lagi program pertama kita dengan sebuah variabel baru:

<?php
$halo = "Hello World!";
// bisa menggunakan print atau echo
echo $halo;
?>

Perhatikan bahwa kita tidak perlu menuliskan variabel di dalam tanda petik dua (“”). Tapi Anda juga DAPAT meletakkan variabel di antara tanda petik, jika Anda mau. Berikut adalah contoh bagaimana Anda bisa menggunakan variabel dan teks dalam satu perintah print atau echo:

<?php
$halo = "Hello";
// bisa menggunakan print atau echo
echo "$halo World!";
?>

Ok, mudah sekali.

Tapi bagaimana saya ingin memformat tampilan teks?

Nah, di sini lah HTML mulai berperan. Kita menggunakan HTML untuk formatting teks, karena itulah di awal tadi, saya sarankan agar memiliki dasar-dasar HTML saat belajar PHP, untuk membuat program PHP kita tampil lebih cantik!

HTML bisa diletakkan di dalam kode PHP atau pun di luar kode PHP. Saya akan berikan contoh dari keduanya. Mari kita lakukan hal yang mudah saja, yaitu membuat tampilan teks menjadi bold atau tebal. Berikut contoh HTML di luar kode PHP:

<b>
<?php
$halo = "Hello";
// bisa menggunakan print atau echo
echo "$halo World!";
?>
</b>

Dan berikut contoh yang ditulis dalam PHP:

<?php
$halo = "Hello";
// bisa menggunakan print atau echo
echo "<b>$halo World!</b>";
?>

Sederhana sekali bukan? Anda hanya perlu memastikan, jika meletakkan HTML di dalam PHP, pastikan berada di dalam tanda petik dua dari perintah print atau echo!

Contoh terakhir telah mencakup semua pelajaran PHP kali ini. Ia menggunakan print atau echo (terserah pilih yang mana), kita juga menambahkan komentar, lalu menggunakan variabel dan terakhir menggunakan HTML untuk memformat tampilan teks.

Sekarang, simpan program PHP pertama Anda dengan ekstensi .php. Lalu upload ke server Anda, atau buka melalui localhost jika Anda telah menginstall PHP di komputer.

Selamat Anda berhasil membuat program PHP pertama Anda!

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here