Ini Rahasia Mendapatkan Tiket Pesawat Murah Saat Mudik Lebaran

ERUDISI.com –  Mendapatkan tiket pesawat murah saat mudik lebaran tidak sesulit yang dibayangkan kok. Jika kita sudah berencana untuk mudik dan sudah mempersiapkan budget perjalanan

Juwita

Promo tiket pesawat murah lebaran terbaru
Rahasia mendapatkan tiket pesawat murah saat mudik lebaran (Source Images: Getty Images)

ERUDISI.com –  Mendapatkan saat tidak sesulit yang dibayangkan kok. Jika kita sudah berencana untuk mudik dan sudah mempersiapkan budget perjalanan atau belum bukan masalah serius jika kita bisa menerapkan beberapa tips berikut.

Rahasia Mendapatkan Tiket Pesawat Murah Untuk Mudik

1. Berburulah Lebih Awal

Menurut data Kementerian Perhubungan bahwa sekitar 55% tiket pesawat baik domestik maupun internasional habis pada rentang waktu 30-60 hari sebelum idul Fitri. Bahkan terbukti antusias pemudik begitu besar karena hanya dalam hitungan menit semua tiket promo habis dipesan.

Artinya apa jika kita sudah berencana merayakan idul Fitri di kampung halaman maka mulailah berburu tiket pesawat 50-60 hari sebelum hari H.

2. Rahasia Mendapatkan Tiket Pesawat Murah: Aktif Mencari Tiket Secara Online

Jika ingin mendapatkan tiket pesawat yang murah maka aktiflah dalam memantau tiket secara online. Banyak sekali promo menarik baik dari maskapai penerbangan bahkan dari agen travel. Kita bisa membandingkan harga. Jika harga sudah masuk dalam budget sangat disarankan untuk segera memesan agar tidak terlambat.

3. Pilihlah Jam Yang Tidak Banyak Peminat

Biasanya banyak pemudik yang memilih jam siang atau malam. Sementara pada dini hari sangat sedikit peminatnya maka kita bisa memilih jam ini. Karena biasanya maskapai akan memberikan harga yang jauh lebih murah daripada jam biasa.
Jika sudah mendapatkan tanggal cuti jauh di awal mudik maka memilih waktu ini lebih baik, hemat dan aman.

4. Pilihlah Maskapai Penerbangan Yang Tepat

Sudah tidak rahasia lagi bahwa jenis maskapai penerbangan juga bisa menentukan harga tiket pesawat. Biasanya jenis maskapai  low-cost carrier (LCC) banyak menawarkan promo jika kita membeli lebih awal.

Sebalik harga tiket pesawat saat mendekati hari raya yang ditawarkan oleh maskapai jauh lebih mahal. Diantara maskapai LCC adalah Lion Air, Citilink dan Air Asia.
Bagi pemudik yang ingin menikmati maskapai full-service, bisa membeli tiket langsung pada hari lebaran. Biasanya harganya lebih murah daripada maskapai LCC.

Jika ingin menjajal maskapai full-service,  Anda bisa membelinya tepat di hari lebaran.  Karena pada waktu ini harga lebih murah dari harga normal. Diantara maskapai full-service adalah Garuda Indonesia.

5. Gunakan Penerbangan Alternatif

Jika ingin mendapatkan tiket murah saat mudik lebaran bisa menggunakan beberapa penerbangan alternatif. Misal jika ke Padang tiket mahal, kita bisa memilih penerbangan ke Pekanbaru terlebih dahulu dan melakukan perjalanan darat 5 jam. Hal ini jauh lebih murah dan hemat.

6. Pesanlah Tiket Dalam Jumlah Sedikit

Usahakan membeli tiket dalam jumlah sedikit, karena cara ini jauh lebih murah dan lebih gampang mencari. Jika banyak tiket maka kadang kita kesulitan mencari promo. Jika kita mudik dengan banyak anggota bisa memesan beberapa kali.

7. Stand By di Bandara

Mwski sedikit merepotkan jika kita hanya pulang sendiri dan kita mahasiswa misalnya bisa menggunakan cara ini agar mendapatkan tiket pesawat murah.

Caranya dengan mempersiapkan diri untuk berjaga-jaga di bandara kalau-kalau ada penumpang pesawat yang membatalkan keberangkatan atau telat untuk berangkat. Biasanya maskapai akan menjual tiket lebih murah dari harga normal.

Tapi cara ini memang mesti mengorbankan waktu dan tenaga lebih. Tapi bisa juga diterapkan meskipun untung-untungan.

Itulah beberapa tips mendapatkan tiket pesawat murah saat mudik lebaran yang bisa dilakukan. Semoga Allah mudahkan niat baik untuk merajut silaturahim bersama keluarga tercinta di kampung halaman. Selalu temukan jawaban dan inspirasi setiap hari bersama Erudisi dimanapun dan kapanpun.

Related Post